PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden dan Ibu Soeharto Menghadiri Upacara Peringtan Hari Kesaktian Pancasila

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,



Kamis, 1 Oktober 1992 --- Presiden dan Ibu Soeharto pagi ini menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta. Hadir pula dalam acara ini Wakil Presiden dan Ibu EN Sudharmono, para Menteri Kabinet Pembangunan, Ketua BPK M Yusuf, Ketua DPA M Panggabean, Ketua MA Purwoto Gandasubrata, Pangab Jenderal Try Sutrisno, kepala perwakilan negara-negara sahabat serta keluarga para Pahlawan Revolusi. Pada kesempatan ini Kepala Negara juga meninjau museum penghianatan PKI yang mengganbarkan usaha PKI untuk menggulingkan pemerintah yang sah serta usaha ABRI bersama rakyat untuk menumpas PKI.
Presiden dan Ibu Soeharto pahi ini menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah para anggota MPR dan DPR yang berlangsung di Gedung MPR/DPR Sebayan, Jakarta. Tampak hadir pula dalam acara ini Wakil Presiden dan Ibu Sudharmono, para Menteri Kabinet Pembangunan, dan pejabat-pejabat tinggi negara lainnya. Dalam pidatonya Kepala Negara mengharapkan para anggota MPR masa bakti 1993-1997 bisa menyusun petunjuk arah pembangunan serta rambu-rambu peringatan yang tidak terlalu sempit ataupun longgar dalam GBHN mengenai hal-hal yang perlu dihindari dan diwaspadai.
Dikemukakan pula, GBHN 1993 nanti harus realistis agar benar-benar dapat kita laksanakan, serta dalam merancangnya harus selalu didasarkan pada alternatif, urutan prioritas serta pilihan yang konsisten. Penetapan GBHN merupakan wewenang penuh MPR yang merupakan penjelmaan seluruh rakyat. Oleh karena itu MPR dan DPR harus menjadi lembaga yang mampu menampung dan menyaring aspirasi, sehingga segala keinginan dan harapan rakyat serta kekecewaan dan kegelisahannya dapat disalurkan secara demokratis dalam lembaga ini.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo