PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Sembilan Belas Pabrik Tekstil di Daerah Jawa Barat diserah Terimakan Oleh Presiden Soeharto

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Rabu, 4 Agustus  1976 --- Sembilan belas pabrik tekstil yang tersebar di daerah Jawa Barat diserah terimakan oleh Presiden Soeharto Pagi ini di Tanggerang. Pabrik – pabrik tersebut dibangun dalam rangka PMAdan PMDN, Sembilan diantaranya terletak di Tanggerang, Tiga di Bogor, dua di Bandung, tiga di Purwakarta, dan masing-masing sebuah di Bekasi dan Sumedang. Pabrik-pabrik yang dibangun oleh PMDN bernilai Rp37,1milyar, sedangkan dana yang diinvestasikan oleh PMA berjumlah US$320juta.
Upacara kesembilan belas pabrik berlangsung secara simbolis di lokasi pabrik tekstil PT Kuraray Manunggal Fibre Industries di Cikokol, Tangerang. Dalam sambutannya, Kepala Negara antara lain mengatakan bahwa Pemerintah akan terus mendorong dan melindungi Industeri dalam Negeri. Dikatakannya bahwa pemberantasan penyelundupan yang sekarang dengan keras dilakukan oleh pemerintah antara lain untuk melindungi industeri dalam negeri.namun demikian ia meminta agar industeri dalam negeri menunjukan seluruh tujuan dan sasaran pembangunan kita.
Pemerintah yang sam juga ditinjukannya kepada investor asing. Kepala Negara menganggap hal itu adalah wajar, sebab penanaman-penanaman modal asing juga mendapat keuntungan yang layak. Salah satunya hal yang dimintanya agar diperhatikan mereka adalah proses Indonesiaanisasi yang hendaknya dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Indonesianisasi itu meliputi baik pengindonesiaan kerjanya maupun pengindonesiaan pemilikannya.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo