PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden dan Ibu Soeharto Meninjau Dua Buah Rumah Sakit Besar di Jakarta

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Sabtu, 21 Juli 1979 --- Presiden dan Ibu Soeharto meninjau dua buah rumah sakit besar di Jakarta, yaitu RSCM dan RS Islam, Presiden telah meresmikan beberapa fasilitas baru rumah sakit terbesar di Indonesia itu, seperti proyek radio diagnostik beserta peralatan radiologi dan perlengkapannya, fasilitas ruangan ICU dan instalasi perawatan ICCU, ruang operasi sengtral, fasilitas sterilisasi alat-alat medis sentral, peralatan angiokardiografi dan proyek pertambahan daya listrik.
Di Rumah Sakit Islam yang terletak di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Presiden Soeharto meresmikan penggunaan tiga gedung perwatan yang berkapasitas 100 tempat tidur. Ketiga gedung yang lengkap dengan peralatan kedokteran ini dibangun dengan dana Bantuan Presiden sebesar Rp. 160 juta.

Ketika Meresmikan fasilitas-fasilitas di Rumah Sakit Islam, Presiden menyuruhkan Kepada umat islam untuk berpatisipasi dalam membangun rumah-rumah sakit yang belum dapat di bangun Pemerintah. Di katakanya bahwa kalau 10juta dari umat Islam Indonesia mampu menyumbang Rp 100,- , maka akan terkumpul dana yang cukup besar untuk membangun sebuah rumah sakit.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo