PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden dan lbu Soeharto Berada di Riau Dalam Rangka Peresmian 131 Pabrik yang Tersebar di 17 provinsi.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
KAMIS, 14 JUNI 1990

Hari ini Presiden dan lbu Soeharto berada di Riau dalam rangka peresmian 131 pabrik yang tersebar di 17 provinsi. Pabrik-pabrik tersebut terdiri dari 69 pabrik bru dan 62 buah unit perluasan dengan nilai investasi keseluruhan sebesar Rp297 miliar dari US$4,18 juta. Dengan selesainya pabrik-pabrik ini maka 23.376 tenaga kerja dapat diserap, sementara nilai ekspor mencapai US$533,5 juta setiap tahunnya. Upacara peresmian pabrik ini dipusatkan di pabrik pengolahan kelapa terpadu yang terletak di Sungai Guntung, Kabupaten Indragiri.

Untuk mewujudkan masyarakat maju, sejahtera, adil dan makmur berdasarkan Pancasila, kata Kepala Negara, kita telah bertekad untuk membangun industri yang kuat dengan didukung oleh pertanian yang tangguh. Karena itu dalam melaksanakan pembangunan selama ini, kita terus berusaha meningkatkan pembangunan industri dan pertanian. Dalam Repelita V sekarang ini kita berharap akan makin berhasil memperbaiki struktur ekonomi kita dengan titik berat kepada kukatan industri yang didukung oleh pertanian yang kuat yang akan menjadi landasan untuk mencapai masyarakat yang kita cita-citakan.

Karena itu dalam Repelita V sekarang kita berusaha keras untuk meningkatkan pembangunan di bidang industri. Hasilnya pun sangat membesarkan hati. Dalam awal tahun 1990 ini saja, misalnya saya telah meresmikan lebih dari setarus buah pabrik dalam berbagai cabang industri hilir. Seperti pengolahan karet, keramik, gelas, penyamakan kulit, sepatu dan barang-barang jadi dari kulit lainnya. Dan sebentar lagi, saya akan meresmikan 131 pabrik pengolahan pangan yang terbesar di 17 provinsi.

Publikasi, Lita.SH