PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden dan Ibu Soeharto Membuka Jambore Nasional Gerakan Pramuka Tahun 1991 yang Berlangsung di Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
SABTU, 15 JUNI 1991

Pukul 08.00 pagi ini Presiden dan Ibu Soeharto membuka Jambore Nasional Gerakan Pramuka Tahun 1991 yang berlangsung di Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur. Jambore Nasional ini diikuti oleh 22.000 Pramuka dari seluruh tanah air, selain 500 Pandu dari negara-negara ASEAN, AS, Australia, dan Persatuan Pandu Puteri Dunia. Acara pembukaan ini ditandai juga dengan penandatanganan sampul hari pertama perangko seri Jambore Nasional 1991.

Dalam amanatnya, Kepala Negara mengajak para Pramuka untuk berperan aktif melestarikan lingkungan hidup. Dikatakan oleh Presiden bahwa negara kita dianugerahi Tuhan Yang Maha Pemurah dengan kekayaan alam yang melimpah, baik yang ada di bumi dan di lautan, baik yang berupa flora maupun mineral dan bahan tambangnya. Semua karunia itu harus kita syukuri, yaitu dengan memanfaatkannya untuk sebesar-besar kesejahteraan hidup bangsa. Namun itu juga harus tetap ingat, bahwa semua itu perlu kita pelihara dan kita lestarikan. Dengan demikian Tuhan Yang Maha Kuasa akan memberi kenikmatan yang lebih besar lagi.

Publikasi, Lita.SH