PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Laporan Menteri Pertanian Achmad Affandi Tentang Hasil Penelitian Departemennya Atas Bibit Bayam dan Buah-buahan yang diterima Dari Kepala Negara.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
SELASA, 7 JUNI 1983

Pukul 09.00 pagi ini, Menteri Pertanian Achmad Affandi menghadap Presiden Soeharto di Cendana. Pada kesempatan itu, Menteri Affandi antara lain telah melaporkan hasil penelitian departemennya atas bibit bayam dan buah-buahan yang diterima dari Kepala Negara. Bibit-bibit yang terdiri atas bayam, anggur, apel, mangga, dan delima itu dibawa oleh Presiden dari luar negeri. menurut Menteri Affandi, diantara bibit-bibit bayam itu, hanya dua yang dapat dikembangkan di Indonesia, sedang bibit buah-buahan tersebut kemungkinan besar dapat dikembangkan disini.

Dalam kesempatan itu Presiden meminta Menteri Pertanian untuk mengembangkan usaha-usaha aneka ternak guna memenuhi kekurangan protein masyarakat.

Sementara itu, Presiden Soeharto telah menginstruksikan kepada Menteri Tenaga Kerja Sudomo agar departemennya tidak hanya menangani masalah lulusan SMTA yang tidak dapat melanjutkan pelajaran ke perguruan tinggi saja, tetapi juga memperhatikan masalah lulusan SD yang banyak terdapat di desa-desa. Demikian dikatakan Sudomo kepada pers setelah diterima Kepala Negara di Cendana pagi ini.

Publikasi, Lita.SH