PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Kunjungan Presiden Soeharto di Oska Dalam Rangka Meninjau Expo '70 Selama Empat Jam.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
RABU, 3 JUNI 1970

Pagi ini Presiden Soeharto dan rombongan tiba di Osaka. Rombongan disambut oleh Menteri Luar Negeri Jepang, Kiichi Aichi, serta para pejabat Jepang lainnya. Sore harinya Presiden Soeharto dan rombongan meninjau Expo ’70, selama empat jam. Presiden dan Ibu Soeharto telah mengunjungi paviliun-paviliun Jepang, AS, Belanda, Cekoslowakia, dan Mitsubishi. Di Paviliun Indonesia, Presiden Soeharto dan rombongan disambut dengan jamuan makan malam serta kesenian Indonesia.

Dalam konferensi pers sebelum makan malam, Presiden Soeharto mengungkap adanya kemungkinan besar bagi kerjasama antara Jepang yang memiliki Skill dan modal dengan Indonesia yang memiliki sumber alam yang kaya. Namun Jenderal Soeharto mengingatkan bahwa hubungan harus dilakukan atas dasar saling menguntungkan.


Presiden juga mengemukakan bahwa Jepang mempunyai peranan besar di Asia. Ia yakin juga bahwa Jepang memelopori usaha-usaha untuk menghilangkan kemiskinan, kemelaratan, dan kesengsaraan yang kini sedang digalakkan di Asia. Pada kesempatan itu Jenderal Soeharto mengutarakan pula bahwa masyarakat Asia tidak perlu khawatir akan kemungkinan timbulnya militerisme Jepang, sebab menurut Jenderal Soeharto, rakyat Jepang akan menggunakan pengalaman-pengalaman masa lalu, yang memperlihatkan bahwa militerisme bukanlah alat untuk mencapai cita-cita.

Publikasi, Lita.SH