PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Harapan Presiden Soeharto Terhadap Bantuan Untuk Desa dan daerah tingkat II dipercepat Pelaksanaannya.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
SELASA, 3 JUNI 1975

Pukul 10.00 pagi ini Presiden Soeharto memipin Sidang Dewan Stabilisasi Ekonomi Nasional yang berlangsung di Bina Graha. Sidang hari ini telah memutuskan beberapa hal. Menyangkut bantuan desa, sidang memutuskan bahwa realisasi pemberian bantuan kepada desa dan daerah tingkat II dipercepat pelaksanaannya. Dengan demikian bahwa diharapkan pelaksanaan pembangunan baik di pedesaan, maupun di daerah tingkat II dapat dipercepat.

Terungkap dalam sidang bahwa bantuan desa dan daerah tingkat II dalam tahun anggaran 1975/1976 alokasinya tidak saja bertambah, melainkan realisasinya juga dipercepat. Dalam tahun 1974/1975 bantuan desa berjumlah Rp. 11,4 milyar, sedangkan untuk tahun anggaran 1975/1976 jumlah bantuan meningkat menjadi Rp. 14,4 milyar. Bantuan untuk daerah tingkat II meningkat dari Rp. 42,6 milyar dalam tahun 1974/1975 menjadi Rp. 52,6 milyar dalam tahun 1975/1976.

Sidang juga memutuskan untuk membentuk Panitia Tingkat Menteri yang bertugas menyusun suatu konsepsi Indonesia tentang Orde Ekonomi Internasional Baru. Menteri Negara Riset Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo ditunjuk sebagai Ketua Panitia, sementara diantara anggotanya termasuk Menteri Pertambangan, Prof. Dr. Mohammad Sadli, Menteri Pertanian Thojib Hadiwidjaja, dan Menteri Perhubungan Prof. Dr. Emil Salim. Konsepsi tersebut akan disusun berdasarkan bahan-bahan yang berasal dari pemerintah, lembaga-lembaga riset dan lembaga-lembaga ilmu pengetahuan. Onsepsi tersebut akan ditetapkan oleh Kepala Negara sebagai petunjuk delegasi Indonesia dalam Sidang Umum PBB pada bulan September yang akan datang.

Publikasi, Lita.SH