PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Membuka Pameran dan Kontes Unggas Bertempat di Halaman Parkir Wisma Tamu Istana.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
RABU, 19 MEI 1971

Bertempat di halaman parkir Wisma Tamu Istana, Presiden Soeharto membuka pameran dan kontes unggas. Dalam sambutannya Presiden antara lain mengatakan bahwa ayam dan telur dapat merupakan suatu kekuatan untuk lebih menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional kita, dalam meningkatkan pendapatan masyarakat sekaligus dapat memperbaiki mutu makanan yang sehat bagi rakyat. Hampir seluruh masyarakat telah beternak ayam dan peternakan ayam yang dilakukan oleh masyarakat itu masih sangat sederhana dan tidak sungguh-sungguh, padahal potensinya sungguh besar. Usaha-usaha tersebut terus didorong pemerintah sebab tanpa perhatian pemerintah, masa depan peternak ayam pasti suram.

Dalam hubungan ini sebagaimana dengan peningkatan produksi beras, dalam bidang peternakan ayam pun kita harus melancarkan panca usaha. Panca usaha itu meliputi: 1. Penyediaan bibit unggul, yaitu jenis ayam yang tehan terhadap penyakit, berbadan gemuk atau bertelur banyak; 2. Penyediaan makanan ayam yang cukup dengan harga yang rendah dan mutu yang tinggi; 3. Penyediaan obat-obatan yang cukup; 4. Penyuluhan ayam yang memberikan pengetahuan yang cukup dalam hal beternak ayam; 5. Usaha-usaha pemasaran. 
Presiden Soeharto juga mengungkapkan bahwa dalam lima tahun ini, pemerintah mencadangkan dana Rp 10 milyar untuk meningkatkan produksi ternak pada umumnya, sehingga nanti kita tidak lagi tergantung pada impor.

Publikasi, Lita.SH