PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Dampak Kebijaksanaan Serta Strategi Pembangunan Nasional di Bidang Sosial Budaya

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
Sabtu, 4 Mei 1991

Pukul 09.00 pagi ini, bertempat di Bina Graha, Kepala Negara antara lain mengatakan bahwa didalam perumusan dan pelaksanaan kebijaksanaan serta Strategi Pembangunan Nasional di bidang sosial budaya harus sangat diperhatikan keadaan di daerah-daerah. Sebabnya ialah karena masyarakat kita merupakan masyarakat yang majemuk di tingkat nasional, tetapi kurang lebih berbudaya satu di tingkat daerah.

Menurut Presiden, kita tidak perlu khawatir bahwa pelaksanaan kebijaksanaan ini akan menimbulkan daerahnisme atau separatisme dalam masyarakat, tidak akan memperoleh dukungan rakyat banyak. Kita bahkan sudah bertekad untuk memperkuat peranan daerah dalam rangka menciptakan akar sosial yang luas dan kuat bagi gerak pembangunan nasional kita dalam masa datang.

Pagi ini Presiden juga menerima para peserta Temu Usaha dan Keterampilan Masyarakat Perkelapaan se-Indonesia di Istana Negara. Pada kesempatan itu, Kepala Negara mengatakan bahwa usaha membangun industri pengolahan kelapa terpadu daerah-daerah penghasil kelapa akan membawa manfaat yang makin besar, jika dapat dikaitkan dengan koperasi-koperasi setempat. Dengan cara demikian para  petani kelapa akan makin terlibat dalam proses industri yang merupakan salah satu ciri masyarakat industri. Dengan demikian pendapatan para petani kelapa akan dapat ditingkatkan, kebun-kebun kelapa kita akan dapat ditumbuhkan dan dikembangkan, serta perekonomian bangsa kita makin kukuh.


Publikasi Lita.SH