PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Penyampaian Usulan Anggota DPR-GR Tentang Pemutusan Hubungan Diplomatik Dengan RRC Dalam Sidang Pleno Terbuka.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
Sabtu, 22 April 1967

Hari ini 15 anggota DPR-GR menyampaikan sebuah usul tentang pemutusan hubungan diplomatik dengan RRC dalam suatu sidang pleno terbuka lembaga perwakilan tersebut. Diharapkan usul ini akan dapat disahkan menjadi sebuah resolusi ini tampaknya terdorong oleh adanya kerusuhan-kerusuhan yang terjadi di Jawa Timur, Jakarta dan beberapa tempat lain di Indonesia dalam dua minggu terakhir ini. Ada bukti-bukti yang mengatakan bahwa kerusuhan-kerusuhan ini didalangi oleh pejabat-pejabat dari Kedutaan Besar RRC di Jakarta, sehingga hal ini segera ditangani oleh massa pemuda dan mahasiswa yang memang selama ini telah tidak puas terhadap keterlibatan pemerintah Peking dalam G-30-S/PKI. Bentrokan fisik antara WNI Cina dan warga Cina dengan kaum pribumi tak dapat dihindarkan di beberapa kota.

Pejabat Presiden Jenderal Soeharto hari ini telah menerima laporan dari Team Peninjau Indonesia dalam pemilihan umum  di Sabah. Oleh Team Peninjau itu dilaporkan bahwa pemilihan umum tersebut telah berjalan dengan tertib, lancar dan teratur. Team Peninjau Indonesia ini dikirim ke Sabah dalam rangka pelaksanaan persetujuan antara Pemerintah Indonesia dengan Malaysia, yang ditandatangani di Jakarta pada 11 Agustus 1966, dalam rangka penyelesaian konfrontasi antara kedua Negara.

Ketua Presidium Kabinet Ampera hari ini telah menginstruksikan kepada Menteri/Panglima Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Kepolisian untuk mengintensifkan usaha-usaha pencegahan dan pemberantasan penyelundupan. Instruksi  yang tercantum dalam Surat Keputusan Presidium Kabinet No. 22/U/IN/4/1967 dikeluarkan sebagai upaya untuk meningkatkan pengamanan penerimaan negara baik berupa rupiah maupun devisa. Surat Keputusan itu juga merupakan salah satu kebijaksanaan yang diputuskan oleh sidang paripurna Kabinet Ampera yang diadakan dua hari yang lalu.

Publikasi Lita,SH.