PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Kebijaksanaan Baru Pemerintah di Bidang Ekonomi dan Keuangan

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
Jumat, 17 April 1970

Pagi ini Presiden Soeharto mengadakan pembicaraan dengan pimpinan DPR-GR, pimpinan partai politik dan Golkar bertempat di Istana Negara. dalam pertemuan tersebut Presiden memberi penjelasan atas kebijaksanaan baru pemerintah di bidang ekonomi dan keuangan yang bertujuan untuk merangsang kegiatan ekspor.

Selain itu Presiden mengumumkan juga tentang penyederhanaan kurs valuta asing daripada yang selama ini berlaku. Sekarang ini hanya ada dua macam bentuk kurs. Pertama “kurs devisa kredit”. Yang dipakai pemerintah untuk mengimpor barang-barang kebutuhan pemerintah dalam rangka pembangunan, barang modal dan bahan baku untuk industri dalam negeri, serta bahan-bahan esensial lainnya dan bahan pokok kebutuhan rakyat sehari-hari. Kedua ialah “kurs devisa umum”, yang digunakan untuk mengimpor barang dan bahan-bahan yang tidak diimpor dengan devisa kredit. Dengan berlakunya kedua macam kurs ini, maka kurs-kurs lain, seperti BE, DP, BE Umum dan BE Kredit tidak berlaku lagi. Demikian antara lain dikemukakan Presiden Soeharto.


Sabtu, 17 April 1971

Dalam sidang Sub-Dewan Stabilisasi Ekonomi di Bina Graha pagi ini, Presiden Soeharto telah menginstruksikan kepada Menteri Pertambangan agar lebih mengusahakan kelancaran distribusi minyak dan bensin di daerah-daerah Indonesia Timur.


Publikasi Lita,SH