PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Catatan Harian 1 Desember 1965

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara
Rabu, 1 Desember 1965

Menpangad Letjen. Soeharto mengatakan bahwa kita perlu mencurahkan perhatian sebesar-besarnya pada pembinaan mental/spritual dan kesejahteraan anggota, karena hal itu merupakan salah satu modal utama yang menentukan bagi suksesnya tugas-tugas pokok yang dibebankan kepada kita. Demikian antara lain dikatakan oleh Jenderal Soeharto pada serah terima jabatan Direktur Perlengkapan AD dari Brigjen Hartono Wirjodiprodjo kepada Kol. Soejanti di Jakarta.

Menpangad Letjen Soeharto pagi ini memberikan sambutannya pada Musyawarah Nasional Pertanian Rakyat yang sudah beralangsung sejak 29 November yang lalu di Jakarta. pada kesempatan itu Jederal Soeharto mengatakan bahwa G-30-S/PKI mempunyai tiga macam rencana gerakan operasi. Yang pertama, yaitu yang dinamakan Ampera I, adalah gerakan “coup” di pusat pemerintahan sebagaimana yang telah dilaksanakan oleh bekas Letkol. Untung. Kedua, Ampera II, yaitu pembunuhan besar-besaran ini maka diharapkan akan timnul suasana ketakutan yang hebat dalam masyarakat. Ketiga, Ampera III, yaitu pembentukan suatu kabinet baru yang komposisinya sesuai dengan keinginan mereka.

Kepada para peserta Musyawarah Nasional itu Jederal Soeharto mengharapkan agar mereka tidak ragu-ragu lagi di dalam memberikan penilaian terhadap G-30-S/PKI. Mereka juga diminta untuk terus waspada terhadap segala sesuatu yang mungkin dilancarkan oleh sisa-sisa G-30-S/PKI, terutama dalam bidang pangan.

Presiden/Panglima besar KOTI Bung Karno malam ini memimpin sidang terbatas KOTI yang berlangsung di war room SAB.  Sidang kali ini antara lain membahas persoalan dalam negeri, yaitu mengenai penyelesaian oknum-oknum yang terlibat dalam G-30- S/Pki,  Diputuskan bahwa siapa-siapa yang terbukti bersalah akan segerah dihadapkan ke muka pengadilan.  Untuk pelaksanaan penyelesaian ini maka akan dibentuk  Mahkamah Militer Luar Biasa (Mahmilud)

Sumber : Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1