PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1978-10-20 Buka Munas Golkar, Presiden Soeharto: Golkar Harus Berorientasi Rakyat

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,

Buka Munas Golkar, Presiden Soeharto: Golkar Harus Berorientasi Rakyat[1]




JUM’AT, 20 OKTOBER 1978, Bertempat di Pertamina Cottage, Pantai Kuta, Bali, pukul 10.00 pagi ini Presiden Soeharto membuka Musyawarah Nasional Golkar. Musyawarah Nasional ini diadakan dalam rangka memperingati ulang tahun Golkar yang ke-14.

Dalam amanatnya, Kepala Negara antara lain mengatakan bahwa sebagai suatu kekuatan politik, Golkar mempakan sarana utama dalam mewujudkan kehidupan demokrasi di Indonesia. Inti kehidupan demokrasi adalah prinsip kedaulatan rakyat. Oleh karena itu Golkar harus benar-benar berorientasi kepada rakyat, yang harus tampak dalam usaha-usaha mewujudkan Masyarakat Pancasila yang kita cita-citakan.

Hal ini sengaja dikemukakan oleh Presiden sebab masalah ini merupakan masalah yang sangat strategis, lebih-lebih kalau dikaitkan dengan tahun-tahun pelaksanaan Repelita III yang merupakan tahun-tahun yang menentukan kemungkinan berhasilnya pembangunan jangka panjang kita. Dalam menghadapi saat-saat yang menentukan itu, kita semua harus mempunyai wawasan jauh ke depan. Kita harus mampu meletakkan landasan yang kokoh untuk tegaknya kehidupan demokrasi Pancasila. Demikian Presiden. (AFR).







[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983″, hal 76. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.