PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1977-01-17 Menerima Sejumlah Menteri, Presiden Soeharto Bahas Penjabaran Hasil KTT ASEAN

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,
Menerima Sejumlah Menteri, Presiden Soeharto Bahas Penjabaran Hasil KTT ASEAN[1]



SENIN, 17 JANUARI 1977, Siang ini Presiden Soeharto telah menerima Menteri Negara Ekuin Widjojo Nitisastro, Menteri Perdagangan Radius, dan Direktur Utama Pertamina Piet Haryono di Bina Graha. Adapun hal yang dibicarakan adalah berkaitan dengan persiapan bagi delegasi Indonesia dalam pertemuan menteri-menteri ekonomi ASEAN yang akan berlangsung di Manila minggu ini. Sidang menteri-menteri tersebut akan membahas secara lebih terperinci tentang langkah-langkah yang telah dihasilkan oleh Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN yang baru lalu, terutama menyangkut konsep persetujuan dasar mengenai preferensi perdagangan antara negara-negara ASEAN. Dalam preferensi perdagangan itu akan diteliti juga barang-barang apa yang akan diperoleh dari preferensi tersebut. 

Namun yang diutamakan dari pertemuan ini ialah kerjasama dibidang pangan dan energi. Kerjasama pangan meliputi beras, sedangkan energi lebih ditekankan pada minyak. Oleh karena itu kerjasama bidang energi diadakan dalam rangka AS COPE atau suatu badan kerjasama ASEAN dalam bidang perminyakan. Demikian dikemukakan oleh Widjojo Nitisastro setelah menghadap Presiden Soeharto. (AFR)



-----
[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978″, hal 443-444. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003