PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1976-11-23 Sidang Kabinet, Presiden Soeharto Gariskan Empat Kebijakan Hasil In Cognito

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,
Sidang Kabinet, Presiden Soeharto Gariskan Empat Kebijakan Hasil In Cognito[1] 



SELASA, 23 NOVEMBER 1976, Bertempat di Bina Graha, Presiden Soeharto pagi ini memimpin sidang Dewan Stabilisasi Ekonomi Nasional. Dalam sidang hari ini, Kepala Negara memberikan penjelasan mengenai perjalanan in cognito-nya ke Jawa Barat dan Jawa Tengah, yaitu untuk melihat sendiri dan menilai pengaruh perubahan musim dari kemarau ke musim hujan, dan masalah pendidikan serta kesehatan masyarakat pedesaan.

Dari temuan-temuannya dalam kunjungan tersebut, Presiden menggariskan beberapa hal. Pertama, areal tanaman padi untuk musim tanam 1976/1977 masih perlu ditingkatkan. Kedua, penggunaan pupuk di beberapa daerah masih dapat ditingkatkan dosisnya. Ketiga, perlunya peningkatan pengawasan dalam pelaksanaan pembangunan sekolah-sekolah Inpres; sekolah-sekolah harus dibangun sesuai dengan syarat-syarat teknis yang telah ditetapkan. Keempat, di bidang kesehatan, masih terdapat gedung-gedung Puskesmas yang terlalu sempit ruangan-ruangannya.

Kepala Negara juga mengatakan bahwa ia menemukan gudang-gudang penimbunan pupuk yang tidak memenuhi syarat. Keadaan yang demikian, menyebabkan basahnya pupuk, disamping menggangggu kesehatan pekerja di gudang-gudang pupuk. (AFR)



-----
[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973 - 23 Maret 1978″, hal 412-413. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.