PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Pemikiran dan Pokok-Pokok dari Bahan-Bahan GBHN

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
Kamis, 1 Oktober 1987

• Pukul 10.00 pagi ini, Presiden Soeharto menghadiri acara pengambilan sumpah/janji para Anggota DPR dan MPR,  bahan-bahan mengenai GBHN yang dipersiapkan oleh Tim sembilan .

Dalam amanatnya, Presiden telah menjeskan mengenai latarbelakang pemikiran dan pokok-pokok isi dari bahan-bahan mengenai GBHN tersebut. Dikatakannya bahwa dalam menyiapkan bahan-bahan GBHN itu, ia menggunakan lima pedoman. Pedoman pertama adalah bahwa GBHN yang akan datang itu harus tetap merupakan usaha kita dalam menempuh jalan panjang menuju terwujudnya cita-cita nasional, yaitu masyarakat yang adil dan makmur brdasarkan pancasila.

Pedoman kedua, GBHN 1988 harus merupakan kelanjutan, peningkatan, perluasan dan pembaruan dari segala hasil pembangunan yang telah kita capai hingga sekarang. Pedoman ketiga adalah bahwa kurun waktu Repelita  V nanti merupakan penutup dan pembangunan jangka panjang 25 tahun yang pertama, yang telah menjadi kesepakatan nasional selama ini.

Pedoman keempat adalah sikap realistik yang dipadukan dengan idealisme. Sikap inilah yang merupakan salah satu kunci keberhasilan kita dalam mencapai kemajuan pembangunan di berbagai bidang sejak Repelita I hingga sekarang, Pedoman kelima adalah segala faktor dan perkembangan regional dan internasional yang akan datang, yang mau tidak mau akan mempengaruhi keadaan bangsa dan negara kita.