Pages

Buka Konvensi Wartawan ASEAN, Presiden Soeharto: Peranan Organisasi Wartawan Sangat Penting


SELASA, 23 AGUSTUS 1983 Pukul 09.00 pagi ini, bertempat di Istana Merdeka, Presiden Soeharto beramah tamah dengan 50 orang peserta Konvensi Wartawan ASEAN (CAJ, Convention of ASEAN Jurnalists) yang diketuai oleh Zulharmans. Kepada para wartawan ASEAN itu, Presiden antara lain menyatakan bahwa peranan yang dimainkan oleh CAJ dan organisasi­-organisasi wartawan di negara masing-masing sangatlah besar dalam memasyarakatkan ASEAN.

Selanjutnya dikatakan oleh Kepala Negara bahwa apa yang diletakkan sebagai dasar pembentukan ASEAN adalah landasan kerjasama dari para anggotanya. Disadari bahwa hanya dengan kerjasama antar bangsa-bangsa Asia Tenggara maka kelangsungan hidup bangsa-bangsa Asia Tenggara akan dapat terns dipertahankan. Diakuinya bahwa selama ini kerjasama diantara negara-negara ASEAN belum lagi sampai pada usaha saling memberi bantuan kebendaan. Akan tetapi saling tukar pengalaman selama ini telah memberi arti yang sangat besar bagi keljasama diantara negara-negara anggota. (AFR)

___________________

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988″, hal 50-51. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003