PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Penyaksian Penandatanganan Memorandum of Understanding dan Agreed Minutes

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Sabtu 17 November 1990 --- Presiden Soeharto dan Presiden yang Shangkun pagi ini menyaksiakan penandatanganan “Memorandum of Understanding”  dan “Agreed Minutes” hasil pembicaraan tentang kerjasama ekonomi dan perdagangan. Penandatanagan itu dilakukan oleh Menko Ekuin Radius Prawiro dan menteri  Perdaganagan Luar Negara Zheng Tao Bin atas nama pemerintah masing-masing. MOU ini memuat kesepakatan kedua pemerintah untuk membentuk komisi bersama dalam bidang ekonomi, perdegangan dan kerjasama teknik.

Pada akhir kunjungan Presiden Soeharto di Beijing telah dikeluarkan sebuah pernyataan bersama. Pernyataan bersama  itu antara lain menyatakan kesepakatan kedua pihak bahwa normalisasi hubungan diplomatik pada tanggal 8 Agustus yang lalu telah memebawa hubungan bilateral kepada  tahapan baru yang memebuka kesempatan-kesempatan untuk memperluas  hubungan dan kerjasama  di antara kedua Negara. Kedua belah pihak mengulangi lagi komitmen mereka untuk mematuhi Dasar Sila Bandung dan Lima Prinsip Hidup berdampingan  Secara Damai Secara Damai sebagai landasan bagi pengembangan jangka panjang hubungan kerjasama yang bersahabat antara kedua negara.

Kedua negara menyatakan keyakinan bahwa terdapat potensi  besar untuk mengembangkan kerjasama ekonomi , perdagangan, industri, ilmu pengetahuan dan teknologi. Kedua negara juga sepakat untuk membuka bidang baru bagi kerjasama atas dasar persamaan dan saling menguntungkan. Disepakati pula untuk menjejaki kemungkinan mengembangkan kerjasama dan peluncuran satelit. Selain itu juga disepakati untuk meningkatkan tukar menukar antara kunjungan antara pejabat pemerintah dan swasta kedua negara. Dalam hubungan ini, Presiden Soeharto telah mengundang Presiden Yang Shangkun untuk berkunjung ke Indonesia; undangan mana diterima dengan baik.


Sumber : Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto