PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Ketua LAPAN Menghadap ke Presiden di Bina Graha

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Senin, 4 November 1974 --- Ketua LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar), Marsda, Salatun pagi ini menghadap Presiden di Bina Graha. Kepada Negara dilaporkannya hasil kongres ke-25 International Astronotical Ferderation yang berlangsung bulan lampau. Menanggapi laporan tersebut Presiden Soeharto meminta LAPAN untuk mengadakan pemikiran dan usaha-usaha supaya Indonesia dalam tahun 1983 telah dapat membuat usaha satelit sendiri. Hal ini dikemukakan oleh Presiden mengingat mahalnya harga satelit dewasa ini, yaitu sekitar US$90 juta satu unitnya, disamping dalam rangka meningkatkan kemampuan industri dalam negeri.

Sebelumnya Presiden telah menerima Direktur Jenderal perhubungan laut Haryono Nimpuno. Direktur Jenderal Haryono menghadap Kepala Negara untuk melaporkan tentang perkembangan pembangunan pelabuhan-pelabuhan seluruh Indonesia, khususnya pelabuhan tanjung periok dan tanjung perak. Dalam pertemuan itu juga telah dibahas masalah pengembangan armada niaga dalam rangka PT PANN (Pengembangan Aramada Nasional). Sebagaimana diketahui PT. PANN dibentuk beberapa waktu yang lalu dengan keputusan Presiden.

Pukul 17.00 sore ini Kepala Negara menonton pertandingan pertama PSSI di Stadion Utama Senayan, Jakarta, yaitu antara Persija Jakarta dan melawan PSMS Medan. Hadirnya Presiden dalam pertandingan ini menunjukkan perhatiannya terhadap persepak bolaan Indonesia. Pertandingan empat besar tahun ini, selain kedua kesebelasan itu juga diikuti oleh Persebaya Surabaya dan PSM Ujung Pandang, keempat kesebelasan tersebut memperebutkan piala bergilir Presiden Soeharto.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto
Editor : Sukur Patakondo