PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Mengadakan Pembicaraan Dengan Kanselir Helmut Kohl di Istana Merdeka

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,


Minggu, 2 Oktober 1988 --- Pada jam 09.30 pagi ini Presiden Soeharto mengadakan pembicaraan resmi dengan Kanselir Helmut Kohl di Istana Merdeka. Pembicaraan dibagi atas dua babak. Dalam babak pertama, selama satu jam, pembicaraan melibatkan pula pejabat-pejabat penting dari kedua belah pihak. Pada babak kedua berlangsung pembicaraan empat mata antara Presiden Soeharto dengan Kanselir Kohl selama satu jam pula. Sementara itu ditempat lain berlangsung pula pembicaraan bisnis antara para pengusaha Jerman dan Indonesia.
Usai pertemuan, Kanselir Helmut Kohl mengatakan bahwa dengan Presiden Soeharto telah dibicarakan upaya-upaya peningkatan kerjasama kedua negara terutama dalam bidang ekonomi. Republik Federasi Jerman ingin mengingatkan investasi dan kredit pembangunan Indonesia yang disertai dengan perbaikan persyaratannya. Selain itu Jerman akan membantu dalam perluasan prasarana industri dan pertanian.
Siang ini, pada jam 12.50, Kanselir dan Nyonya Hannelore Kohl melakukan kunjungan perrpisahan kepada Presiden dan Ibu Soeharto. Tak lama kemudian pasangan pemimpin Jerman itu meninggalkan Jakarta menuju Bali untuk beristirahat.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo