PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Mendukung Penyelenggaraan KTT ASEAN di Manila

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Kamis, 22 Oktober 1987 --- Jose Conception, utusan khusus Presiden Cory Aquino, menghadap Prsiden Soeharto di Istana Merdeka pagi ini. Ia menemui Presiden untuk menyampaikan surat dari Presiden Filipina itu.

Setelah bertemu dengan Presiden, Conception yang adalah juga Menteri Perdagangan dan Industri Filipina itu mengatakan bahwa Presiden Soeharto sangat mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN di Manila. Menurutnya, Presiden Soeharto juga menekankan betapa pentingnya KTT itu, khususnya bagi pembangunan ekonomi di kawasan ASEAN. oleh karenanya Presiden memandang perlu bagi semua menteri ekonomi untuk mempelajari hal-hal penting dan usul-usul yang akan disampaikan guna diperimbangkan oleh masing-masing Kepala Negara dalam pertemuan tersebut.

Presiden Soeharto menginstruksikan kepada Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Preindustrian untuk bersama-sama memperhatikan masalah keselamatan dan keamanan kerja.Instruksi ini dikeluarkan Presiden sebagai tanggapanya atas laporan Menteri Tenaga kerja, Sudomo, mengenai kasus kebakaran perusahaan  konfeksi Nido, di Jakarta, yang telah mengakibatkan 21 orang karyawan meninggal dunia.

Setelah menghadap Kepala Negara siang ini di Istana Merdeka, Menteri Sudomo mengatakan bahwa kasus ini tetap akan diajukan ke pengadilan. Dikatakannya pula bahwa melaksanakan instruksi Presiden itu, departemennya akan membentuk sebuah team khusus. Team khusus ini akan mendatangi perusahaan industri kecil seluruh Indonesia guna melihat dari dekat segi-segi keselamatan dan keamanan kerja di perusahaan-perusahaan tersebut.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto
Editor : Sukur Patakondo