PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Menerima Rudolf Sallinger Selaku Ketua Kamar Dagang dan Industri Australia

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,,
Sabtu, 13 Oktober 1984 --- Pukul 09.00 pagi ini di Bina Graha., Presiden Soeharto menerima Ketua Kamar Dagang dan Industri Austria, Rudolf Sallinger, yang didampingi oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Sukamdani S Gitosardjono. Hadir pula dalam pertemuan tersebut Duta besar Austria, Ernst Illsinger. Dalam pertemuan ini telah dibahas usaha-usaha untuk lebih meningkatkan hubungan perdagangan antar kedua negara. Pada kesepatan itu Rudolf SaIllinger menyampaikan kenang-kenangan berupa turbin generator 300 KVA, atas nama Pemerintah Austria. Sebagai balasan Presiden Soeharto menyampaikan satu set buku berjudul 30 Tahun Indonesia Merdeka.

Presiden memberi petunjuk kepada Menteri Muda Urusan Peningkatan Produksi Tanaman keras, Hasjrul Harahap, agar segera mengadakan semacam seminar untuk membahas upaya-upaya peningkatan pendapatan petani tembakau, yang umumnya mempunyai lahan sempit, supaya mereka dapat menikmati harga tembakau yang baik. Ini merupakan tanggapan Kepala Negara atas laporan Menteri Hasjrul Harahap pagi ini di Bina Graha, mengenai hasil lawatnnya ke daerah hasil tembakau di Jawah Tengah.

Selain itu Ir Hasjrul Harahap melaporkan juga kepada Presiden mengenai masalah tanaman kapas yang sudah mencapai 250.000 hektar dalam repelita IV ini, sehingga dapat menyerap tenaga kerja sebanyak satu juta kepala keluarga. Masalah yang dihadapi dalam hal ini ialah bibit kapas yang masih diimpor. Untuk itu Presiden meminta kepada PT kapas Indah dan PT Perkebunan mengimpor bibit kapas unggul dalam upaya peningkatan pembibitan dalam negeri.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6

Publikasi : Sukur Patakondo