PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Persiapan Indonesia Dalam Menghadapi KTT ASEAN

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Selasa, 21 Oktober 1975 --- Sidang Dewan Stabilitasi politik dan keamanan Nasional berlangsung pagi ini di Bina Graha dibawah pimpinan Presiden Soeharto. Sidang yang berlangsung sejak jam 10.00 itu telah mendengar laporan Menteri Luar Negeri Adam Malik mengenai persiapan KTT ASEAN yang akan datang , disamping menyambut masalah-masalah sosial, dalam pembangunan. Menyangkut penyelenggaraan KTT ASEAN itu, Kepala Negara menekan agar dalam kertas-kertas kerja nanti ditonjolkan pula masalah dalam bidang sosial dan budaya. Hal ini ditekannya mengingat selama ini telah terbukti bahwa kerjasama dalam bidang sosial dan budaya dapat meningkatkan hubungan batin antara bangsa-bangsa ASEAN.

Mengenai Aspek sosial dari pembangunan, Kepala Negara telah meminta perhatian peserta rapat akan keadaan para nelayan. Menurutnya, untuk memanfatkan pembangunan, terutama dalam meningkatkan produk perikanan, kita perlu mengadakan motorisai perahu-perahu nelayan dan memperbaiki cara-cara penagkapan ikan. Akan tetapi dikonstartir oleh Presiden bahwa perahu-perahu yang sudah dimotorisasi itu sering melakukan pelanggaran-pelanggaran  dengan jalan memasuki wilayah nelayan tradisional. Dalam hubungan ini Presiden Soeharto mengistruksikan Menteri Dalam Negeri., Menteri Pertanian, Menteri Kehakiman, dan Menteri Negara Ekuin guna mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya.

Selesai sidang, Kepala Negara meinta kunjungan lima orang delegasi Kamar Dagang Singapura yang dipimpin oleh Ketuanya, KC Tan. Dalam pertemuan yang didampingi oleh Ketua Kadin, Suwoto Sukendar, Ketua Kamar Dagang Singapura telah menyerahkan sumbagan sebesar Rp32 juta kepada Presiden Soeharto selaku Ketua yayasan Supersemar. Ketika menerima sumbangan tersebut, melainkan rasa persahabatan yang telah diperliratkan oleh pengusaha singapura terhadap bangsa Indonesia Demikian antara lain dikatakan oleh Presiden. Anggota Kamar Dagang Singapura lang telah hadir dalam pertemuan tersebut adalah Chew Teng Hoo, Thio Keng Soei, Tong Djoe, dan CM Wong.


Sumber : Buku Jejak langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto