PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Menghadiri Acara Wisuda Sarjana dan Peringatan Dasawarsa I IPB Bogor

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,,


Sabtu, 8 September 1973 --- Pagi ini Presiden Soeharto menghadiri acara Wisuda Sarjana dan Peringatan Dasawarsa I IPB di Bogor. Dalam kata saambutannya, Kepala Negara antara lain mengatakan bahwa salah satu msalah  yang menonjol dalam pembangunan adalah menentukan cara-cara bagaimana  petani dan desa secara bertahap mampu berdiri kokoh diatas kemampuannya sendiri.
Diungkapkannya bahwa jawaban yang diberikan pemerintah sekarang ini adalah intensifikasi pertanian, yaitu usaha menaikkan produksi pada lahan yang sama. Hal itu selama ini dikerjakan melalui Pancausaha, yaitu penyediaan irigasi yang baik, penggunaan bibit unggul, penggunaan pupuk, penggunaan pestisida, dan cara bertanam yang lebih baik.
Selanjutnya Presiden mengatakan bahwa sektor pertanian sebagai titik berat dan penggerak pembangunan memerlukan tenaga-tenaga berpendidikan tinggi. Sarjana yang dibutuhkan adalah yang dapat menunjukkan dan mengajarkan cara-cara bertani yang modern, yang mampu menemukan cara-cara efisien dalam membangun pertanian dan mampu menemukan bibit-bibit unggul. Ditegaskannya bahwa pembangunan pertanian tidak berhenti pada swasembada pangan saja, melainkan juga perbaikan mutu makanan sebagai syarat penting bagi bangsa yang sehat.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo