PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Sidang Kabinet Terbatas Bidang Ekuin di Pimpin Oleh Presiden Soeharto

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Rabu, 6 Agustus 1986 --- Sidang kabinet terbatas bidang Ekuin berlangsung pada am 10.00 pagi ini di Bina Graha dibawah pimpinan Presiden Soeharto. Didalam sidang hari ini antara lain telah dibahas masalah produksi beras. Sidang berkesimpulan bahwa kekhawatiran yang ada selama ini bahwa tingkat produksi beras dalam tahun 1986 lebih rendah daripada tahun sebelumnya, sama sekali tidak beralasan. Keyakinan bahwa produksi beras tidak akan turun dalam tahun ini didasarkan pada kenyataan bahwa luas tanaman padi sampai bulan juli lalu, ternyata melampaui areal yang dicapai tahun lalu. Meskipun demikian, sidang memutuskan untuk memberikan perhatian pada hama dan penyakit yang telah menyerang sebagian areal sawah di beberapa daerah.
Sementara itu presiden soeharto member petunjuk agar sistem kepengurusan KUD diubah. Perubahan itu dilakukan dengan jalan melibatkan para kontak tani dan petani teladan. Hal ini perlu, sebab KUD adalah koperasi primer wadah kaum tani yang bertujuan untuk meningkatkan produksi, disamping sebagai  penyalur sarana prouksi pertanian. Selain itu pemilihan pengunaan bena-benar dilakukan melalui rapat anggota. Walupun begitu, untuk kelancaran KUD, Menjer – menjer koprasi boleh saja diperbantukan kepada KUD
Didalam sidang hari ini, Kepala Negara juga meminta peratian Para Menteri untuk membina dan mengembangkan kprasi industeri kecil dan kerajinan (kopinkra) . dengan emikian diharapkan Kopinkra akan lebih produktif dan Kreatif.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo