PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto meresmikan PLTU di Suralaya

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,,,,
Sabtu, 10 Agustus 1985 --- Pagi ini di Suralaya, Jawa Barat, Presiden Soeharto meresmikan berfungsinya PLTU di Suralaya dan sistem transmisi tegangan ekstra tinggi. PLTU Suralaya ini merupakan pembangkit listrik pertama di Indonesia yang menggunakan batu bara sebagai bahan bakarnya. Ikut menyaksikan acara peresmian ini, Menteri Pertambangan dan Energi, Subroto, Menteri/Sekretaris Negara, Sudharmono, Menteri Dalam Negeri Soepardjo Roestam, Pangab Jenderal LB Murdani, dan Direktur PLN, Ir Sardjono.
Dalam kata sambutannya, Presiden antara lain mengatakan bahwa dengan berhasilnya pembangunan yang kita laksanakan dan dengan makin meningkatnya kemakmuran, maka kebutuhan energi kita juga meningkat dengan pesat. Untuk mencukupi energi yang terus meningakat itu, kita tidak boleh hanya menggantungkan diri pada minyak bumi saja. Sebab, cadangan minyak bumi kita, walau bagaimanapun besarnya tetap ada batasnya, sehingga tidak boleh kita gunakan tanpa bebas.
Karena itu, kita harus terus berusaha untuk menggunakan sumber energi selain minyak bumi untuk mencukupi kebutuhan energi kita. Dan kita memang dapat melaksanakan hal itu, karena tanah air kita memang kaya dengan berbagai sumber energi. 

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan lesilolo