PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Memimpin Sidang Kabinet di Bina Graha

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Senin, 10 Agustus 1987 --- Presiden Soeharto pagi ini memimpin sidang kabinet terbatas bidang Ekuin di Bina Graha. Didalam sidang Presiden Soeharto telah menginstruksikan kepada para pejabat pusat dan daerah agar terus mengamati berita tentang kekeringan, lebih-lebih dalam menghadapi musim tanam 1987/1988. Pengamatan itu diarahkan dalam usaha untuk memenuhi keperluan air minum dan pertanian. 
Presiden juga memerintahkan Departemen Dalam Negeri agar memberi instruksi kepada seluruh Bupati agar memanfaatkan laporan tentang meteriologi dan geofisika dari Departemen Perhubungan. Dengan ramalan keadaan cuaca tersebut, maka terus dapat diikuti dan diketahui daerah-daerah mana yang akan kekeringan.
Untuk mengatasi kekeringan, Presiden menggariskan bahwa apabila perlu dapat diusahakan hujan buatan. Sehubungan dengan itu Departemen Pertanian dan BPPT mengadakan pengkajian mengenai hujan buatan di waduk-waduk Jatiluhur, Wonogiri, dan Sempor. Dilaporkan dalam kabinet hari ini, bahwa kekeringan yang diakibatkan oleh pengaruh El Nino itu telah melanda berbagai daerah, seperti Aceh, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Pengaruh El Nino terhadap Indonesia terjadi setiap tiga atau tujuh tahun sekali. 

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan lesilolo