PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soehato Meresmikan Penggunaan Proyek Irigasi Way Rarem

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,
Sabtu, 14 Juli 1984. --- Berada di Lampung Presiden Soeharto meresmikan penggunaan proyek Irigasi Way Rarem, Jembatan Way Tulang Bawang, dan Pabrik Peleburan Bijih Besi Lampung, dalam suatu upacara yang berlangsung di Way Rarem, Lampung Utara.. Proyek irigasi ini mampu mengairi lebih dari 20.000 hektar tanah kering, sementara Jemabtan Way Tulang bawang yang terletak pada jalan Menggala-Pematang Panggang akan menghubungkan provinsi Lampung dengan Sumsel melalui jalur Timur. Adapun Pabrik Peleburan Bijih Besi Lampung berkapasitas 8000 ton pertahun dan merupakan pabrik pengecoran besi pertama di Indonesia.
Proyek ini meliputi  empat  bidang  yaitu,  pabrik  peleburan  biji besi  yang berlokasi  di way  Rilau,tambang biji di pematang  Burhan, pembangunan sarana  arang  kayu (untuk bahan  bakar  pabrik) di Lampung  Selatan dan Utara, serta  pembangunan  kebun percontohan  lamtorongung  di Bergen.

Selesai upacara peresmian ketiga proyek  tersebut, Presiden Soeharto mengadakan  temuwicara para petani. dengan para petani. Pada kesempatan itu Presiden menganjurkan kepada  para petani yang memanfaatkan  Way Rarem  untuk menanam kedelai sebagai tanaman selang setelah sawah mereka  ditanami  padi. Alasan  Kepala  Negara  untuk menganjur hal itu adalah karena masa depan pasaran kedelai di Indonesia sangat baik, sedangkan  saat ini  Indonesia pun masih mengimpor  kedelai sebanyak 300.000  ton per tahun.  Para petani diminta  mengerjakan sawah secara berkelompok.
 
Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo