PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Memberikan Pengarahan Kepada Para Pejabat di Lingkungan Departemen Pertanian

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,
Rabu, 16 Juli 1986. --- Bertempat  di Bina Graha, siang ini Presiden Soeharto  memberikan pengarahan  kepada para pejabat  di lingkungan  Departemen  Pertanian. Dari  lingkungan  departemen tersebut, selain Menteri Achmad  Affandi  dan para menteri  muda, ikut  semua direktur  jenderal  sekertaris  jenderal dan  inspektur jenderal. Atas instruksi Presiden,hadir pula dalam pertemuan  itu Menteri  keuangan,Radius  Prawiro, Menteri Perencanaan  Pembangunan  Nasional/ Ketua Bappenas, Sumarlin,,Menteri PAN Salef Afif,Menteri/Sekertari Negara,Sudharmono,Menteri Muda/Sekertaris  Kabinet, Moerdiono,Sesdalopbang Solihin GP, dan Irjenbang  Sukasah.

Dalam pertemuan yang  berlangsung  selama lebih dari satu jam  itu, Kepala Negara menginstruksikan  agar  semua hambatan  dalampelaksanaan proyek-proyek pembangunan,khususnya yang dibiayai oleh Bank  Dunia  dan Bank Pembangunan Asia,dapat segera diatasi. Diperitahkan pula oleh Presiden  kepada para pejabat Departemen Pertanian tersebut untuk segera mengambil langkah-langkah guna mempercepat pelaksanaan proyek-proyek tersebut. Diingatkanya bahwa kita perlu memelihara gerak pembangunan  dan memanfaatkan  dengan sebaik-baiknya kepercayaan pihak-pihak yang telah memberikan bantuan.

Dalam rangka memperingati 10 tahun  usia Provinsi  Timor-Timur, yang jatuh pada tanggal 17 Juli besok,Presiden Soeharto  hari ini menandatangani Peraturan Pemerintah  No. 30  Tahun 1986. Dalam Peraturan Pemerintah ini dituangkan kebijaksanaan untuk memberikan tunjangan penghargaan/ santunan kepada janda/duda  bekas pegawai pemerintah sementara Timtim selama masa perjuangan mengintegrasikan Timor-Timur kedalam Republik Indonesia. Tunjangan itu adalah sebesar Rp 50.000,- per bulan. Kebijaksanaan  ini juga diberlakukan bagi para pensiunan bekas pegawai pemerintah kolonial Timor Portugis yang ada di Provinsi Timor-Timur.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo