PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Melaksanakan Pembangunan Sampai Akhir Tahun II Indonesia

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Rabu, 26 Juli 1978 --- Presiden Soeharto mengatakan bahwa selama melaksanakan pembangunan dalam beberapa tahun ini sapai akhir Repelita II Indonesia telah membangun 52.000SD baru, dan tambahan ruangan belajar pada sekolah-sekolah yang telah ada yang ribuan jumbelahnya, lengkap dengan peralatan dan buku-bukunya. Sehubungan dengan itu telah diangkat guru-guru baru sebanyak lebih kurang 295.000 orang, termasuk di dalamnya guru-guru agama. Kesemua ini memungkinkan kenaikan daya tampung anak-anak kelompok umur -7 sampai 12 tahun- sebanyak 20%. Meskipun demikian baru 85% dari jumlah seluruh anak – anak kelompok umur sekolah yang dapat tertampung dalam sekolah – sekolah dasar yang ada itu.
Demikian dikatakan Presiden Soeharto ketika membuka Kongres Guru Sedunia ke-27 di Balai Sidang, Senayan, Jakarta, pagi ini. Kongres yang di selenggarakan oleh PGRI itu di hadiri oleh para perutusan, peninjauan dan tamu-tamu dari 57 negara.
Ditambahkan oleh Kepala Negara bahwa pembangunan sekolah – sekolah dasar itu akan dilanjutkan, sehingga pada akhirnya Repelita III di tahun 1984, diharapkan semua anak tergolong pada kelompok umur 7-12 tahun,  yang di perkirakan berjumlah 25 juta anak, akan dapat ditampung. Dengan demikian akan terciptalah persamaan dan pemerataan kesempatan belajar bagi semua anak kelompu umur sekolah dasar. Selain itu akan di ambil langkah -langkah untuk menampung dan memungkinkan perluasan ke tingkat yang lebih tinggi. Demikian Presiden.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo