PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Laporan Gubernurt Irian Jaya tentang Perkembangan Pembangunan Irian Jaya Kepada Presiden

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,,
Selasa, 3 Juli 1984 --- Presiden menerima Gubernur Irian Jaya, Izaak Hindom yang melaporkan tentang perkembangan pembangunan Irian Jaya. Diantara masalah-masalah yang dilaporkannya termasuk persoalan pemulangan orang-orang Irian jaya yang menyeberang ke PNG, masalah transmigrasi, dan peningkatan taraf hidup masyarakat pedalaman.
Para penyeberang perbatasan yang dipulangkan dari PNG itu berjumlah kurang lebih 5000 orang mereka terdiri dari 1000 orang yang berasala dari bagian utara Irian dan sisanya dari bagian selatan. Dalam hubungan ini pemerintah telah mengirimkan biaya sebesar Rp. 50 juta yang dapat digunakan oleh para pelintas batas itu untuk keperluan sehari-hari.
Mengenai pelaksanaan transmigrasi di Irian Jaya, dilaporkan bahwa sampai saat ini 16.000 kk telah ditempatkan di daerahnya. Sementara itu untuk meningkatkan taraf hidup rakyat di daerah perbatasan dengan PNG, kini Pemerintah sedang membanngun jalan sepanjang 150 kilometer yang menghubungkan Merauke dengan Bupuk dan 100 kilometer lagi dari Jayapura ke Ubruk.
 
Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo