PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Hubungan Antara Indonesia dan Amerika Serikat

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Minggu, 27 Juli 1969. --- Presiden  Amerika Serikat, Richard Nixon dan  Nyonya, Siang  ini tiba di Jakarta. Dalam pidatonya  selamat  datangnya Presiden Soeharto  mengatakan  bahwa saat ini  merupakan  hari bersejarah  bagi hubungan antara kedua  negara. Pada  kesempatan  ini Presiden  Soeharto  juga menyambut dengan hangat  kesuksesan  misi Apollo II beserta para astronotnya  ke bulan. Dalam hubungan ini ia mengungkapkan  keyakinannya  bahwa  tujuan  AS dan  negara-negara lain ,yang mencoba mengenal  angkasa luar itu,merupakan bagin dari  usaha  untukmencapai  kebahagiaan yang besar  bagi umat  manusia  dalam kehidupan dunia yang damai.
Sedangkan  Presiden Nixon  dalam sambutannya antara lain mengatakan  bahwa kunjungan merupakan  kunjungan pertama dari seorang Presiden AS ke Indonesia. Menyinggung  kegiatan  pembangunan di Indonesi, ia mengatakan  bahwa negaranya ingin nmembantu Indonesia.
Pukul  16.00 sore  hari ini, bertempat  di Istana Merdeka,Presiden  Soeharto  mengadakan  pembicaraan  empat  mata selama 40 menit  dan Menteri  Luar negeri William  P Rogers  juga terlibat  dalam pembicaraan  resmi mereka.Selesai  pembicaraan ,Presiden Soeharto  mengantar  Presiden  nixon berkunjung  ke Jakarta Fair.
Presiden  Soeharto mengadakan  jamuan makan malam  untuk Presiden  dan Nyonya  Nixon di Istana  Negara  malam ini. Pada kesempatan itu Presiden Soeharto  menyatakan  bahwa Indonesia   dewasa  ini sedang memusatkan perhatiannya  pada  ketahanan  ekonomi  yang memang  sangat mendesak. Akan  tetapi ini tidak  berarti bahwa Indonesia  mengabaikan tanggungjawabnya terhadap dunia.ditegaskan oleh Presiden   bahwa  untuk mampu memberikan  sumbangan yang efektif  terhadap  usaha-usaha  perdamaian dunia.,maka RI  harus kuat  di dalam negeri, yaitu  harus memiliki  keahanan –keamanan. Presiden Soeharto juga  menyampaikan  rasa terimakasih atas  pengertian  dan bantuan-bantuan  AS  yang sangat  bermanfaat  kasih atas usaha-usaha  pembangunan  ekonomi  Indonesia.
Dalam  pidato balasannya,  Presiden  Nixon mengatakan  bahwa  AS  dengan penuh perhtian  telah  mengikuti  perkembangan  RI  sejak permulaan. Hal ini tidak saja karena Indonesia  tergolong  salah  satu negara yang  sangat   penting  di dunia, melainkan juga karena  masa depan Indonesia akan mempunyai pengaruh yang luar biasa terhadap masa depan  dari perdamaian  di Pasifik  dan perdamaian  dunia. Presiden  Nixon  juga mengungkapkan ras kagumnya  atas segala yang telah dicapai oleh pemerintah Presiden Soeharto  selama ini.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo