PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Rasa Bangga Presiden Soeharto Atas Hasil-hasil Yang dicapai Oleh Musyawarah Nasional ke -2 MUI yang Berlangsung di Jakarta.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
KAMIS, 5 JUNI 1980

Presiden Soeharto menyatakan rasa puasnya atas hasil-hasil yang dicapai oleh Musyawarah Nasional ke -2 MUI yang berlangsung di Jakarta baru-baru ini. Menteri Agama Alamsyah mengatakan hal itu selesai diterima Kepala Negara di Bina Graha hari ini. Dikatakannya pula bahwa Presiden mengharapkan agar majelis-majelis agama lainnya juga mempunyai ketegasan sikap yang sama mengenai  Pancasila maupun Pembangunan.

Presiden Soeharto mengajak seluruh masyarakat dan segenap jajaran aparatur pemerintah untuk mengindahkan tiga pokok petunjuk pengembangan lingkungan dalam menghadapi tantangan dan keharusan melestarikan alam. Hal ini dikemukakannya dalam sambutannya pada Hari Lingkungan Hidup  Sedunia, yang jatuh pada  tanggal  5 juni di Bina Graha hari ini.

Selanjutnya Kepala Negara memberikan petunjuk tentang tiga pokok pengembangan lingkungan. Petunjuk pertama ialah merangsang, mendorong dan menggerakan prakarsa dan kegiatan kelompok-kelompok dalam masyarakat dalam mengembangkan lingkungan dan melestarikan air. Petunjuk kedua ialah bahwa pengembangan terpadu di segala bidang, petunjuk ketiga ialah perlu disadari bahwa perkembangan lingkungan perlu dilakukan atas pandangan dan penanganan terpadu di segala bidang, Petunjuk ketiga ialah perlu disadari bahwa perkembangan lingkungan tunduk pada suatu keseimbangan. Berbagi benda, zat mati dan mahluk hidup serta manusia pada umumnya berada dalam hubungan keseimbangan satu dengan yang lainnya,saling pengaruh mempengaruhi dan hidup menghidupi. Demikian Presiden.

Publikasi, Lita.SH