PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden dan Ibu Soeharto Menghadiri Acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia XIX yang diadakan di Istana Negara.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
SELASA, 4 JUNI 1991

Pukul 10.00 pagi ini, Presiden dan Ibu Soeharto menghadiri acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia XIX yang diadakan di Istana Negara. dalam acara tersebut Kepala Negara menyerahkan penghargaan Kalpataru kepada para Perintis  Lingkungan dan para Pengabdi Lingkungan, disamping menyerahkan penghargaan Adipura kepada sejumlah kota di Indonesia.


Dalam kata sambutannya, Kepala Negara menilai tema Hari Lingkungan Hidup, sebagai tepat dan penting. Dikatakannya bahwa agar industri yang kita bangun sungguh-sungguh berwawasan lingkungan, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, kita harus belajar dari pengalaman negara maju dan memilih jenis industri dan teknologi secara berhati-hati.


Kedua, sumber alam perlu dimanfaatkan secara arif dan bijaksana. Ketiga, pemanfaatan lahan untuk industri perlu berpegang pada peruntukan tata-ruang yang sebaik-baiknya, keempat, dampak industri yang diperhatikanhendaknya tidak hanya dampak yang bersifat fisik saja. Kelima, sekarang telah tiba saatnya untuk menegakkan hukum dalam upaya mengendalikan pencemaran.

Publikasi, Lita.SH