PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Pengumuman Pembentukan dan Susunan Kabinet Pembangunan I, Yang Terdiri Atas 18 Menteri Departemen dan Lima Menteri Negara.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
KAMIS, 6 JUNI 1968

Presiden Soeharto malam ini mengumumkan pembentukan dan susunan Kabinet Pembangunan I, yang terdiri atas 18 menteri departemen dan lima menteri negara. dengan demikian kabinet ini adalah lebih sederhana bila dibandingkan dengan Kabinet Ampera. Adapun program kabinet ini disebut Panca Krida, yang berisikan :
1. Menciptakan stabilitas politik dan ekonomi,
2. Menyusun dan melaksanakan Rencanakan Pembangunan Lima Tahun (Repelita),
3. Melaksanakan pemilihan umum sesuai dengan Ketetapan No XLII/MPRS/1968 (selambat-lambatnya 5 Juli 1971),
4. Mengembalikan ketertiban dan keamanan masyarakat, dan
5. Melanjutkan penyempurnaan dan pembersihan aparatur negara.

Sebelum membacakan susunan kabinet baru, Presiden mengatakan bahwa kabinet ini lahir dengan bantuan-bantuan, saran-saran dan pertimbangan-pertimbangan dari partai politik, organisasi massa dan perseorangan. Ditambahkan pula bahwa kabinet yang disusun atas dasar semangat dan ketentuan-ketentuan UUD 1945, ketetapamn MPRS No. XLI/1968, dan tata oerganisasi yang baik, menurut Presiden,  zaken kabinet. Oleh sebab itu Presiden Soeharto mengharapkan agar setiapmenteri tidak saja mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan mendapat dukungan dari rakyat secara sendiri-sendiri, melainkan jugamenjadikan kabinet sebagai himpunan tenaga-tenaga ahli yang didukung oleh masyarakat luas. Tentang komposisi lengkap dari Kabinet Pembangunan I dapat dilihat dalam Lampiran I.

Publikasi, Lita.SH