PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Kunjungan Menteri Pengangkutan dan Pelabuhan Somalia Mayor Jenderal Abdulah Muhammad Fadil di Bina Graha.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
SELASA 21 JUNI 1977.

Presiden Soeharto pagi ini menerima kunjungan Menteri pengangkutan dan pelabuhan Somalia, Mayor Jenderal  Abdulah Muhammad Fadil, yang bertindak sebagai utusan khusus Presiden Republik Demokrasi Somalia, Ahmad Siddi Barre. Menteri tersebut mengatakan bahwa Indonesia sebagai salah satu pendiri gerakan non-blok perlu diajak berkonsultasi mengenai perkembangan di Afrika Timur. Ia membenarkan bahwa negaranya telah menerima dukungan Indonesia dalam bentuk pengertian mengenai perkembangan yang terjadi di Somalia yang beberapa waktu yang lalu dituduh sebagai negara komunis. Menteri Fadil dalam pembicaraannya dengan Presiden Soeharto telah menjelaskan bahwa sekalipun Somalia menerima bantuan Uni Soviet, negara tersebut tidaklah berubah menjadi negara komunis. Menurutnya Presiden Soeharto telah menerima baik keterangannya itu, dan ia melihat adanya pandangan yang sama.

Presiden Soeharto memerintahkan kepada Menteri Negara Ekuin agar dalam waktu singkat menyiapkan petunjuk-petunjuk teknik bagi seluruh daerah yang mengikuti Bimas/Inmas yang menyangkut penyauran sarana produksi, khususnya pupuk dan pengembalian kredit Bimas. Kepala Negara menginstruksikan hal tersebut ketika memimpin Sidang Dewan Stabilitas Ekonomi Nasional di Bina Graha hari ini.

Berdasarkan data di Kabupaten Nganjuk sejak tahun 1972 hingga sekarang ini kredit Bimas yang dibagi-bagikan kepada petani 100% kembali. Presiden dalam sidang itu memberikan petunjuk agar “Pola Nganjuk” dijadikan contoh dan diedarkan kepada bupati-bupati lain agar mereka mengambil langkah-langkah yang serupa.

Sementara itu harga sembilan bahan pokok dari tanggal 12 sampai dengan 19 Mei dilaporkan stabil. Bahkan terjadi penurunan sebanyak  0,06% akibat turunnya harga beras dan gula pasir.

Publikasi, Lita.SH