PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Peresmian kantor Sekretariat ASEAN di Hadiri Presiden dan Ibu Soeharto

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
SABTU, 9 MEI 1981

Pagi ini Presiden dan Ibu Soeharto menghadiri acara peresmian kantor Sekretariat ASEAN yang terletak di Jalan Sisingamaradja, Jakarta Selatan. Acara ini berlangsung dengan khidmat, dan dihadiri oleh tiga dari lima penandatangan Deklarasi ASEAN hampir 14 tahun yang lalu: Adam Malik , S Rajaratnam, dan Thanat Khoman. Seperti diketahui dua penandatangan lainnya adalah Narciso Ramos (tidak bisa hadir karena sedang sakit), dan Tun Abdul Razak (sudah meninggal dunia).

Menandai acara peresmian itu, Presiden Soeharto antara lain mengatakan bahwa belum pernah terjadi dalam sejarahnya yang panjang, kelima Negara ini menikmati persaudaraan, saling percaya dan kerjasama demikian erat seperti yang sedang terus berkembang. Ini merupakan kemajuan dan hasil terbesar ASEAN. Ini merupakan nikmat ASEAN. Kerjasama di bidang ekonomi menghasilkan berbagai proyek bersama ASEAN. Kerjasama di bidang sosial dan kebudayaan juga terus bertambah meluas. Lambat laun ASEAN makin dapat menyatukan sikap politik terhadap masalah-masalah regional dan internasional, suatu sikap politik  yang dengan tegas kita nyatakan untuk memantapkan suasana damai di kawasan kita dan suasana damai di dunia.

Selanjutnya dikatakan oleh Kepala Negara bahwa perkembangan lain yang sangat membesarkan hati adalah bahwa ASEAN telah makin dalam dan makin luas akar-akarnya di tengah-tengah masyarakat kita. Disamping kerjasama di tingkat Pemerintahan, makin hari makin kita saksikan tumbuhnya kerjasama di kalangan masyarakat. Ini merupakan tanda-tanda yang memberi arti penting bahwa ASEAN telah makin memasyarakat. Dikatakannya, memasyarakatkan ASEAN adalah mutlak, karena ini merupakan jaminan bagi pertumbuhan yang kokoh dari perhimpunan ini.

Publikasi, Lita.SH