PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Amanatnya Kepala Negara Agar Meningkatkan Pembangunan Sarana Kepariwisataan Untuk Memudakan Wisatawan Memasuki Negara Kita.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
SABTU, 28 MEI 1983

Presiden Soeharto di Bali sore ini meresmikan pembukaan Hotel Nusa Dua Beach. Hotel yang dibangun dengan arsitektur Bali ini memiliki 450 kamar. Pembangunannya dimulai sejak bulan September `1980 dan menghabiskan biaya sebesar US$35 juta.

Dalam amanatnya, Kepala Negara mengatakan bahwa kita memang perlu meningkatkan pembangunan sarana kepariwisataan untuk memudakan wisatawan memasuki negara kita. Dikatakannya bahwa bidang ini merupakan bidang yang mendapat prioritas tinggi dalam keseluruhan pembangunan kita, karena kita menyadari bahwa bidang ini merupakan sarana penting untuk memperkenalkan negeri kita kepada dunia luar dan dapat memberikan manfaat sosial ekonomi yang tidak kecil.

Namun demikian, Presiden mengharapkan masyarakat menjaga agar kedatangan para wisatawan asing kemari tidak akan menggoyahkan nilai-nilai yang kita anggap luhur dan terpeliharanya kebudayaan-kebudayaan dearah. Sebaliknya, Pemerintah sendiri tidak akan mengorbankan unsur kerohanian masyarakat untuk tujuan-tujuan jangka pendek dan yang akhirnya akan mengurangi makna kehidupan kita sendiri yang luhur. Lagi pula, dengan demikian Presiden, keaslian dan ketinggian mutu kesenian itulah yang menarik orang datang dari jauh kemari.

Dalam pada itu, pagi ini Presiden telah melakukan peninjauan di Nusa Penida yang tandus itu dan beramahtamah dengan masyarakat setempat. Presiden menganjurkan agar masyarakat Nusa Penida tidak merasa khawatir atau rendah diri dengan ketandusan tanah mereka.

Publikasi, Lita.SH