PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Meresmikan Bendungan Gondang dan Jembatan diatas Waduk Morokrembangan, Lamongan Jawa Timur

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
Sabtu, 4 April 1987

Presiden Soeharto hari ini meresmikan Bendungan Gondang dan Jembatan diatas Waduk Morokrembangan, Lamongan Jawa Timur. Dengan selesainya waduk ini, maka masyarakat Lamongan dan sekitarnya akan terbebas dari banjir yang mereka alami setiap tahun sejak zaman penjajahan. Selain itu, dengan adanya waduk ini maka sejumlah waduk lain akan mendaat air secara teratur. 

Jembatan yang diresmikan itu panjangnya lebih dari satu kilometer. Dengan adanya jembatan ini, maka ruas jalan toll antara Tanjung Perak dan Dupak, telah dapat digunakan, sehingga memperlancar arus lalu lintas. Jembatan ini oleh Presiden diberi nama Suryo, yaitu nama seorang pejuang Jawa Timur dalam masa perang kemerdekaan yang kemudian dibunuh secra kejam oleh PKI dalam pemberontakannya di Madiun pada tahun 1948.

Setelah acara peresmian itu, Presiden Soeharto mengadakan temu wicara dengan masyarakat sekitar waduk Gondang. Kepala Negara menganjurkan para pemuda desa yang daerahnya memiliki potensi air yang besar, misalnya di sekitar waduk, untuk mengembangkan usaha perikanan. Dikatakan oleh Presiden, dari pada mereka pergi ke kota dan belum tentu memperoleh pekerjaan, adalah lebih baik memanfaatkan potensi daerah mereka sendiri. Dianjurkan oleh Kepala Negara agar mereka mengusahakan perikanan dengan menggunakan jaringan apung yang sudah banyak dilakukan di daerah-daerah lain. Dikemukakannya bahwa jenis ikan yang dapat  dikembangkan dengan jaringan apung itu antara lain tawes, nila, ikan mas dan lele. Diungkapkan oleh Kepala Negara bahwa ia sendiri telah melakukannya di peternakan terpadunya di Tapos, Bogor.

Publikasi Lita,SH.