PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Di Bina Graha Presiden Soeharto Memimpin Sidang Kabinet Untuk Melaksanakan Kebijakan Baru Serta Menerima Pembantu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
Senin, 4 April 1983

Pukul 09.00 pagi ini, bertempat di Bina Graha, Presiden Soeharto menerima Pembantu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik, Paul Wolfowitz. Pejabat tinggi Amerika ini didampingi oleh Duta Besar AS untuk Indonesia, John Holdridge.

Setelah menerima Wolfowitz, pagi ini Presiden juga menerima Menteri Negara Lingkungan Hidup dan Kependudukan, Emil Salim. Usai menghadap Kepala Negara, Emil Salim mengatakan bahwa ia datang untuk mendapatkan petunjuk mengenai bidang lingkungan hidup dan kependudukan yang dikoordinasikannya. Mengenai masalah kependudukan, ia mengatakan bahwa Presiden telah meminta kepadanya untuk mencari cara-cara lain diluar KB dalam rangka pengurangan jumlah penduduk.

Kamis, 4 April 1985

Pukul 10.00 pagi ini Presiden Soeharto di Bina Graha memimpin sidang kabinet terbatas bidang Ekuin. Didalam sidang yang berlangsung selama lebih dari tiga jam itu, Kepala Negara menginstrusikan kepada sejumlah menteri untuk melaksanakan kebijaksanaan baru dan mengambilkan langkah-langkah untuk kelancaran arus barang antar pulau, serta ekspor dan impor. Kebijaksanaan baru mengenai transportasi itu mulai berlaku pada hari ini.

Diungkapkan didalam sidang hari ini bahwa neraca perdagangan Indonesia pada bulan Januari mencatat surplus US$784,4 juta. Juga diungkapkan bahwa jumlah uang yang beredar dalam bulan Februari yang lalu tercatat sebanyak Rp8.504 miliar. Sementara itu laju inflasi dalam bulan Maret ini tercatat sebesar 0,22%.


Publikasi Lita,SH.