PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Catatan Harian Kegiatan Pak Harto Tanggal 8 Agustus

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,

KAMIS, 8 AGUSTUS 1968
Hari ini Presiden Soeharto secara terpisah bertamu dengan dua orang menteri luar negeri negara ASEAN di Istana Merdeka. Menteri Luar Negeri Malaysia diterima pada jam 09.00. sedangkan Menteri Luar Negeri Filipina pada pukul 11.00. Masalah yang dibahas adalah menyangkut hubungan bilateral antara RI dengan masing-masing negara tersebut, dan bagaimana agar hubungan tersebut dapat ditingkatkan. 

SABTU, 8 AGUSTUS 1970
Mulai jam 10.00 pagi sampai 12.30 siang ini Presiden Soeharto telah membuka "praktek" bagi orang-orang yang ingin melaporkan masalah korupsi. Hari ini Presiden Soeharto menerima "Kelompok-kelompok Diskusi Mahasiswa Yogyakarta", selain utusan KAPI dan KAPPI. Kelompok-kelompok mahasiswa dan pelajar ini rupanya datang tidak untuk menyampaikan sesuatu bukti korupsi, melainkan hanya mengemukakan pendapat kepada Presiden tentang masalah korupsi itu. 

SELASA, 8 AGUSTUS 1972
Dalam sidang Sub-Dewan Stabilisasi Ekonomi hari ini di Bina Graha, Presiden Soeharto menginstruksikan agar diadakan peninjauan terhadap prosedur penanaman modal, baik modal asing maupun modal dalam negeri. Peninjauan itu dimaksudkan untuk dapat menjamin pengamanan pertumbuhan ekonomi nasional dan pengusaha nasional. Dalam hubungan ini Ketua Bappenas dan Sekretaris Negara ditugaskan untuk mengkoordinasi peninjauan kembali dan penyiapan prosedur yang lebih praktis dan efektif bagi penyempurnaan peraturan itu.