PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1971-11-30 Presiden Soeharto: Dua-Tiga Dasawarsa Kedepan, Ekonomi Bergeser ke Industri

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,

Presiden Soeharto: Dua-Tiga Dasawarsa Kedepan, Ekonomi Bergeser ke Industri[1]





SELASA, 30 NOVEMBER 1971, Presiden Soeharto hari ini meminta para gubernur seluruh Indonesia untuk tidak mengabaikan tugas-tugas pemerintahan umum; mereka diminta untuk meningkatkan pelaksanaan tugas sebagai administrator pembangunan di daerahnya. Didalam menguraikan maksudnya, Presiden berbicara mengenai berbagai masalah yang terletak di luar bidang tugas pemerintahan umum, seperti menggairahkan minat masyarakat untuk menabung, dan pelaksanaan KB.

Kepada para gubernur, ia juga menegaskan keharusan adanya suatu gambaran yang bulat mengenai apa yang akan dikerjakan bersama di masa depan di bidang pembangunan. Untuk itu Presiden Soeharto meminta perhatian para gubernur akan perubahan-perubahan yang mungkin dialami Indonesia di masa-masa mendatang ini, terutama menyangkut struktur ekonomi. Dikemukakan oleh Jenderal Soeharto bahwa dalam dua-tiga dasawarsa yang akan datang ini kita harus mampu mengubah struktur ekonomi yang dewasa ini lebih berat pada bidang agraris, ke bidang industri. Demikian antara lain dikatakan Presiden Soeharto dalam amanatnya pada pembukaan rapat kerja Gubernur/Kepala daerah tingkat I seluruh Indonesia, di Istana Negara hari ini. (WNR).






[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 28 Maret 1968-23 Maret 1973″, hal 386. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003