PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Jejak Langkah Pak Harto 30 Juli 1968 - 30 Juli 1992

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,

Selasa, 30 Juli 1968
Presiden Soeharto memerintahkan Pangdamar III untuk mengamankan dan menjamin kelancaran pengeluaaran beras dan pupuk yang akan datang di Tanjung Priok dalam bulan Agustus mendatang. Beras yang berjumlah ratusan ribu ton itu berasal dari luar negeri. Khusus mengenai pupuk. Presiden Soeharto meminta agar pupuk tersebut sudah tiba ditangan para petani sebelum musim hujan yang akan datang.

Jum’at, 30 Juli 1971
Presiden Soeharto memberikan sumbangan sebesar Rp. 50 juta untuk digunakan dalam pembangunan di bidang agama Islam di Provinsi Lampung.

Rabu, 30 Juli 1975
Rektor UI Prof.Dr Mahar Mardjono menghadap Kepala Negara di Bina Graha, pada kesempatan itu ia menyampaikan laporan mengenai pembangunan kampus, kerjabakti sosial mahasiswa, dan partisipasi UI dalam pembangunan. Juga dikemukakannya mengenai pertemuan para dekan di lingkungan UI yang memutuskan untuk menganugerahkan gelar Doktor honoris causa kepada Presiden Soeharto dan mantan Wapres Mohammad Hatta.

Menyangkut pemberian gelar doktor kehormatan, Presiden Soeharto menyatakan rasa terimakasih yang sedalam-dalamnya atas keputusan UI itu. Akan tetapi ia berpendapat bahwa kini belum waktunya untuk melaksanakan penghargaan tersebut. Dalam hubungan ini ia meminta agar sebaiknya UI melaksanakan pemberian penghargaan itu pada waktu yang tepat dikemudian hari.

Tampak hadir dalam pertemuan tersebut mendampingi Rektor UI; Pembantu Rektor Prof.Dr Slamet Imam Santoso, Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Sosial, Prof. Miriam Budiardjo, MA, Dekan Fakultas Psikologi, Prof.Dr. Fuad Hasan, dan Dekan Fakultas Kedokteran, Prof. Dr Djamaluddin.

Selasa, 30 Juli 1991
Di Gresik Jawa Timur, Presiden Soeharto meresmikan 428 pabrik kelompok aneka industri yang tersebar di 23 provinsi. Kesemua pabrik ini tergolong dalam industri hilir, pembangunannya tidak memerlukan modal yang besar, tetapi jumlah tenaga kerja yang diperlukannya sangat besar.

Kamis, 30 Juli 1992
Presiden Soeharto meresmikan 38 pabrik kelompok Industri Mesin Logam Dasar dan Elektronika di Kompleks Puspetindo di Gresik, Jawa Timur. Pabrik-pabrik tersebut menghasilkan mesin-mesin pabrik, alat-alat pembangkit tenaga listrik, komponen-komponen berpresisi tinggi, kapal, dan barang-barang modal lainnya. Beberapa pabrik tersebut berhasil mengembangkan kemampuan rancang bangun dan perekayasaan.

Penyusun : Gani Khair