PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1980-10-14 Presiden Soeharto Beri Pengarahan Para Inspektur Jenderal

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,

Presiden Soeharto Beri Pengarahan Para Inspektur Jenderal[1]





SELASA, 14 OKTOBER 1980, Pukul 10.00 pagi ini, bertempat di Bina Graha, Presiden Soeharto memberikan pengarahan kepada para Inspektur Jenderal dari semua departemen selama satu setengah jam. Para Inspektur Jenderal itu diantar oleh Menteri PPLH, Emil Salim.

Dalam pertemuan itu, Presiden Soeharto menginstruksikan para Inspektur Jenderal itu untuk meningkatkan pelaksanaan pengawasan untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan penyelewengan, sehingga lebih banyak hasil yang dicapai dalam mengejar tujuan pembangunan. Dalam hal ini Presiden meminta agar aparat yang terlibat didalam kegiatan pengawasan memperhatikan tiga hal. Pertama, agar dalam melakukan pengawasan dilaksanakan sistem cek dan pengecekan kembali, sebagai bagian dari mekanisme pengawasan. Kedua, harus dilakukan tindakan preventif. Dan ketiga, dalam melakukan pengawasan harus ada unsur edukatif, karena pengawasan bertujuan untuk mendidik, untuk menunjukkan adanya kesalahan dan untuk mengadakan langkah perbaikan di masa mendatang. (AFR).






[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983″, hal 345-346. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.