PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1980-10-06 Presiden Soeharto Buka Kongres Gizi Asia Ke-3

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,

Presiden Soeharto Buka Kongres Gizi Asia Ke-3[1]




SENIN, 6 OKTOBER 1980, Pada jam 10.00 pagi ini, bertempat di Istana Negara, Presiden Soeharto membuka Kongres Gizi Asia yang ke-3. Kongres ini dihadiri oleh lebih kurang 440 peserta yang berasal baik dari negara-negara Asia maupun dari luar Asia. Dalam amanatnya, Kepala Negara mengatakan bahwa masalah gizi perlu penanganan yang serba muka. Keberhasilan perbaikan gizi masyarakat tidak dapat hanya diandalkan pada Pemerintah saja, melainkan juga memerlukan kesadaran masyarakat.

Selanjutnya Presiden menegaskan perlunya penemuan cara-cara yang lebih efektif untuk menangani masalah gizi masyarakat, bukan saja penanganan yang dilakukan bila keadaan sudah terlambat dan sangat parah. Dikemukakannya bahwa penanganan yang lebih utama adalah bagaimana mencegahnya dan mengatasinya agar tidak terjadi kurang gizi. Oleh karena itu Kepala Negara sungguh mengharapkan agar kongres ini dapat mendalami masalah ini dan menemukan cara-cara untuk pencegahan dan mengetahui tanda-tanda awal akan terjadinya bahaya lapar gizi di sesuatu daerah, sehingga dapat ditanggulangi lebih segera. (AFR).







[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983″, hal 344. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.