PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1979-10-22 Presiden Soeharto Menerima Sejumlah Tamu Luar Negeri

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,

Presiden Soeharto Menerima Sejumlah Tamu Luar Negeri[1]




SENIN, 22 OKTOBER 1979, Bertempat di Bina Graha, pada pukul 09.00 pagi ini Presiden Soeharto menerima Wakil Perdana Menteri Rumania, Virgil Trofin. Dalam kunjungan yang berlangsung selama hampir satu jam itu, Wakil PM Trofin telah menyampaikan pesan pribadi Presiden Rumania, Nicolae Ceaucescu, kepada Presiden Soeharto. Kepada WPM Trofin, Kepala Negara menyatakan keyakinannya bahwa hubungan dan kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Rumania dapat ditingkatkan lagi, terutama dalam bidang industri pertanian, ilmu pengetahuan dan tehnologi.

Pagi ini pula Presiden menerima kunjungan kehormatan Menteri Keuangan Belanda, FHJJ Andriesen. Setelah diterima Kepala Negara, Menteri Andriesen mengatakan bahwa Presiden menyatakan penghargaan­nya atas bantuan yang diberikan berbagai negara untuk pembangunan di negeri ini, terutama sekali peranan Negeri Belanda. Sebagaimana diketahui, Negeri Belanda bertindak sebagai ketua IGGI yang menghimpun sejumlah negara yang memberikan bantuan dana bagi pembangunan Indonesia.

Pukul 11.00 pagi ini, dengan didampingi oleh Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Selandia Baru, BE Tolboys, mengunjungi Presiden Soeharto di Bina Graha. Selesai pertemuan, WPM Tolboys mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut telah disepakati untuk meningkatkan saling kunjungan antara kedua negara. Saling kunjungan ini tidak hanya antara pejabat resmi pemerintahan, tetapi mencakup pihak swasta, pemuda, cendekiawan, petani dan usahawan dari kedua negara. (AFR).





[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983″, hal 216. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.