PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1979-10-16 Presiden Soeharto Resmikan Proyek di Sumatera Selatan dan Jambi

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,

Presiden Soeharto Resmikan Proyek di Sumatera Selatan dan Jambi[1]




SELASA, 16 OKTOBER 1979, Presiden Soeharto hari ini memulai kunjungan kerjanya di Sumatera untuk meresmikan dan meninjau sejumlah proyek pembangunan di provinsi-provinsi Lampung, Sumatera Selatan, Jambi dan Aceh. Pada hari pertama kunjungan kerjanya, Presiden dan rombongan meninjau Proyek  Perkebunan Rakyat I yang berlokasi di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi transmigrasi di Supat Betung dan Babat Toman.

Dari sini kemudian Presiden meneruskan perjalanan ke Jambi, dimana ia meresmikan enam jembatan baru, yaitu masing-masing di Sorolangun, Sei Jangga, Sei Pamusiran, Sei Peneradan, Mangopeh, dan Penetai. Jembatan-jembatan yang bam selesai pembangunannya ini diresmikan secara simbolis dan serentak di Sorolangun. Menurut rencana Presiden dan rombongan bermalam di Jambi dan Rabu pagi meneruskan perjalanan ke Aceh untuk meresmikan pabrik gula mini di Silihnara dan secara sombolik meresmikan pabrik gula mini di Sanibulan di Sumbar. Kemudian Presiden akan meninjau proyek jalan di Km 80 daerah Bireuen Aceh.

Turut serta dalam rombongan Presiden, Menko Ekuin, Menhankam, Menteri Pertanian, Menteri PU, Menteri Perindustrian, Menteri Penertiban Aparatur Negara, Sekretaris Negara, Menteri Tenaga Kerja, Menteri Transmigrasi, Menteri Muda Koperasi/Kabulog dan KSAU Ashadi Tjahjadi. (AFR).






[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983″, hal 214-215. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.