PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1977-10-09 Presiden Soeharto Tiba di Saudi Arabia

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,

Presiden Soeharto Tiba di Saudi Arabia[1]






MINGGU, 9 OKTOBER 1977, Presiden dan Ibu Soeharto beserta rombongan pagi ini jam 07.40 berangkat menuju Timur Tengah dengan menggunakan pesawat DC-8 “Siliwangi”. Dalam kunjungan kenegaraan selama sepuluh hari ini Presiden dan rombongan akan mengunjungi Saudi Arabia, Kuwait, Qatar, Abu Dhabi, Bahrein, Syria, dan Mesir. Rombongan resmi Presiden antara lain terdiri atas Menteri Luar·Negeri a.i., Sjarif Thajeb, Menteri Negara Ekuin Widjojo Nitisastro dan Menteri/Sekretaris Negara Sudharmono.

Sore ini, Presiden Soeharto beserta rombongan tiba di Riyadh, ibukota Kerajaan Saudi Arabia. Di lapangan udara internasional Riyadh, Presiden Soeharto disambut oleh Raja Khalid dengan upacara kebesaran militer. Kunjungan kenegaraan di Saudi Arabia ini akan berlangsung selama tiga hari.

Malam ini, Presiden melakukan kunjungan kehormatan kepada Raja Khalid di Istana Al Ma’zar. Pada kesempatan itu, selain diadakan tukar menukar tanda mata, Raja Khalid telah menganugerahkan bintang tertinggi 1Kerajaan Arab Saudi, yaitu Bintang Albadr, kepada Presiden Soeharto.

Pada kesempatan itu pula, Presiden Soeharto telah menganugerahkan Bintang Republik Indonesia Kelas Satu kepada Raja Khalid, sedangkan Pangeran Fahd bin Abdul Aziz dianugerahi Bintang Mahaputera Kelas Satu. Kemudian Raja Khalid menyelenggarakan jamuan makan kenegaraan untuk menghormati kedatangan tamu agung dari Indonesia itu. (AFR).






[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978″, hal 550. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.