PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Canangkan Gerakan Wajib Belajar

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,,

RABU, 2 MEI 1984 Presiden dan Ibu Tien Soeharto pukul 15.30 sore ini menghadiri upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Pencanangan Gerakan Wajib Belajar yang berlangsung di Stadion Utama, Senayan, Jakarta. Upacara peringatan ini dimeriahkan dengan drumband display, senam wajib, senam indah, paduan suara, tarian massal, angklung, dan ibing pencak silat.

Dalam amanatnya, Kepala Negara antara lain mengatakan bahwa dengan Gerakan Wajib Belajar kita membuat langkah yang penting untuk mewujudkan amanat Pembukaan UUD 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dalam alam kemerdekaan. Ditambahkannya bahwa dengan Gerakan Wajib Belajar ini, maka seluruh anak yang berumur 7 sampai 12 tahun memperoleh kesempatan sama dan adil untuk menikmati pendidikan dasar, merata di segenap wilayah tanah air. (AFR)

________________

[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988″, hal 153-154. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003